Selasa, Maret 17, 2009

Orang Termiskin Ada di Jakarta

Orang Indonesia yang termiskin itu ternyata ada di Jakarta. Mereka itu hidup di daerah-daerah yang kumuh, di atas tanah dan rumah yang bukan milik mereka. Di tengah-tengah sampah, di tengah got yang mampet, dan nasib tidak menentu tanpa pemasukan yang jelas, dan sewaktu-waktu terancam oleh penggusuran. Kalau dibandingkan dengan orang miskin yang ada di pedesaan, walaupun miskin, setidaknya mereka masih memiliki rumah sederhana milik mereka sendiri atau keluarganya, dan makan pun masih bisa dari hasil kebun sendiri, atau paling tidak masih ada budaya gotong royong untuk saling membantu.

Seharusnya APBD yang lebih dari 20 triliyun itu jika 10%-nya saja digunakan untuk meningkatkan harkat hidup orang – orang miskin tersebutd-engan memperbaiki prasarana kehidupan mereka-pasti kemiskinan yang seperti itu tidak akan terjadi lagi.

Tugas dari pemerintah adalah untuk mengurusi rakyatnya, tujuan kita merdeka adalah supaya rakyat sejahtera. Sejahtera; punya sandang, pangan, dan papan yang cukup.

Jakarta ini bukan kota milik orang kaya saja, tetapi juga kota milik penghuni yang miskin. Pembangunan prasarana buat orang kaya, seharusnya sudah cukup, dan sudah waktunya dialihkan kepada pembangunan prasarana bagi warga Jakarta yang miskin.

Bagi warga Jakarta yang miskin; miskin itu bukan berarti harus kumuh, kotor, tidak hygienic, miskin itu harus dirubah menjadi layak hidup sebagai manusia dan sebagai warga negara.

Jadi sudah waktunya keberpihakan kepada rakyat miskin dilakukan lebih sungguh-sungguh oleh pemerintah.


Roy B.B. Janis

0 Comments: